Selamat datang di Halaman Berbagi ilmu dan Pengalaman

Pemanfaatan Komunikasi Daring Asinkron


Komunikasi daring asinkron atau komunikasi tidak serempak adalah komunikasi yang dilakukanmenggunakan jaringan internet dan dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website. Di dalam Bahan Ajar ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron.

E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik, disingkat surel. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk mengakses layanan tersebut. 

Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa, yaitu:
  • e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat;
  • e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital;
  • Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar.
e-mail gratis adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya, biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh e-mail gratis adalah Yahoo! mail, Gmail, Livemail, Hotmail, dan sejenisnya.

e-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet yang dikenai biaya tambahan. Pengguna diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, nama custom domain email, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya. Sebagian besar penyedia layanan email berbayar menyediakan layanan email bagi korporasi, seperti Google Suites, Zoho Mail, dll.


Salah satu penyedia layanan e-mail tidak berbayar adalah Gmail. Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google dan dapat digunakan pada platform komputer/laptop maupun smartphone. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.

Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus-menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah. Saat ini disediakan penyimpanan sebanyak 15GB.

Terintegrasi dengan fitur Google lainnya, antara lain:
  • Google Chrome, web browser gratis yang dikembangkan oleh Google.
  • Google Search, mesin pencari informasi di Internet.
  • Google Drive, merupakan penyimpanan online (cloud storage) untuk menyimpan dokumen, lembar sebar, presentasi, dll. Penjelasan lebih detail akan disampaikan pada bagian Menggunakan Layanan Google Drive.
  • Google Calendar, yang digunakan untuk mengagendakan berbagai kegiatan.
  • Google Plus (+), yaitu jaringan sosial yang berbasis ketertarikan.
  • Google Maps, untuk membantu melakukan navigasi.
  • Google Play, untuk mengakses playstore Android.
  • Youtube, untuk mengunggah berbagai video.
  • Blogger, untuk membuat blog.
Tata Krama Komunikasi Daring
Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata krama (etiket) dalam melakukannya. Pada komunikasi daring asinkron, kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham. Beberapa contoh tata krama (etiket) dalam meggunakan komunikasi asinkron, terutama di menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.
  • Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. 
Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat berkirim pesan pada guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada teman, dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.
  • Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. 
Gunakanlah font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.

  • Kejelasan penulisan subjek
Gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail.
Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail tersebut.
Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.
  • Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. 
Karena tidak semua orang menyukai lelucon, berita atau gambar yang dikirimkan.

Selain hal tersebut di atas berikut ini beberapa etika saat kita berkomunikasi secara asinkron :

1.  Menyapa dengan semangat

Dengan memulai suatu komunikasi dengan semangat akan memberikan dampak yang baik kepada komunikasi yang akan dibicarakan. Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang sangat baik harus memberikan semangat kepada orang yang mendengar atau menyimak, dengan itu sahabat greader harus membiasakan diri sebelum berkomunikasi sebaiknya menyapa dengan senyuman atau bisa dengan kata atau kalimat yang membuat semangat.
2. Tatap wajah lawan bicara

Saat lawan bicara sedang membicarakan sesuatu melalui Video cal, maka pandangan dan arah mata sahabat greader tertuju pada lawan bicara. Dengan itu bisa memberikan dampak yang baik kepada lawan bicara, jika apa yang dibicarakan dapat di dengar dengan sangat baik. Jangan lebih sering melihat ke kiri dan ke kanan saat lawan bicara berbicara, karena dampak tersebut memberikan dampak yang tidak baik.

3. Apabila batuk segera tutup mulut


Saat berkomunikasi sinkron atau asinkron sebaiknya sahabat greader menjaga etika duduk, berdiri ataupun etika yang lainnya yang wajib di ikuti dan di laksanakan saat berkomunikasi. Apabila sedang batuk ataupun bersin, segeralah tutup mulut dengan menggunakan tangan agar menghormati lawan bicara dan orang di sekeliling.

4. Menggunakan kata atau kalimat yang baik dan sopan

Dengan menggunakan kata yang baik dan sopan saat berkomunikasi dengan lawan bicara dapat menjalankan komunikasi yang sesuai dan penuh dengan kebahagiaan tanpa memiliki hambatan komunikasi yang bisa membuat kedua lawan bicara salah paham.

5. Jangan memaksa

Setiap komunikasi berjalan dengan lancer haruslah menggunakan kata yang lemah lembut dan tidak memaksa kehendak terhadap lawan bicara. Saat komunikasi pada diri sendiri berusahalah agar bisa meminta dengan lemah lembut dan tidak memaksa agar komunikasi antara lawan bicara dapat di terima dengan baik.

6. Menjadi pendengar yang baik

Saat berkomunikasi maka akan terjadi percakapan yang sangat panjang antara satu dengan yang lainnya, sebab etika yang baik dalam berkomunikasi yaitu saat lawan bicara, sahabat greader harus mendengar dengan baik agar lawan bicara merasa di hormati.

7. Jangan berbicara sangat cepat

Di dalam sebuah komunikasi sahabat greader usahakan berbicara dengan sangat cepat atau jangan terlalu lambat, karena berbicara dengan pas tidak cepat tidak lambat lawan bicara bisa mendengar dengan jelas dan bisa memahami dan juga memberi masukan. Apabila berbicara dengan sangat lambat dan sangat cepat lawan bicara tidak bisa mendengar dengan jelas sehingga tidak bisa memahaminya. Yang membuat komunikasi hancur berantakan yaitu berbicara dengan sangat cepat.

8. Menjaga sikap dan perilaku

Apabila berkomunikasi melalui daring sinkron atau asinkron, sikap atau perilaku seseorang kelihatannya tidak terlalu jelas. Namun apabila komunikasi yang dapat di lakukan secara otomatis pada saat komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, sampai dengan komunikasi antar budaya, tentunya sangat memperhatikan sikap dan pandangan seseorang, oleh karena itu tetap lah dimanapun sahabat greader berada harus menjaga sikap dan perilaku karena itu sangat di nilai.

9. Berikan solusi saat ada masalah

Saat komunikasi di lakukan ketika ada masalah, maka sahabat greader dapat memikirkan jalan keluar yang baik dan membicarakannya. Memberikan jalan yang baik ialah komunikasi yang sangat baik dengan hanya sebatas memberikan pendapat dan bertanya. Hal tersebut bisa mendatangkan kesan jika sahabat greader menjadi seseorang penengah di antara masalah yang ada.

10. Berkata dengan jujur, jangan bertele-tele

Apabila komunikasi di lakukan dengan kemauan sendiri di lakukan dengan lawan bicara, maka sahabat greader berbicara dengan jujur, dengan meminta argument yang baik, tidak memaksakan serta memberikan alasan yang masuk akal, dan jangan menyampaikan dengan bertele-tele.

11. Menulis yang ingin di bicarakan dengan rapi

Apabila berkomunikasi dengan menggunakan jaringan internet atau daring sinkron atau asinkron, sebaiknya sahabat greader tidak menulis semua huruf yang tidak penting, tulislah hal-hal yang penting dengan tidak menggunakan huruf capital . Dengan penulisan huruf tersebut menandakan bahwa yang menulis tersebut dalam keadaan marah.

12. Perkenalkan diri dengan sopan

Apabila sedang berkomunikasi dengan orang yang belum mengenali kita, sebaiknya memperkenalkan diri sendiri di depan dia dengan cara yang sopan dengan menggunakan suara yang lemah lembut. Dengan memperkenalkan diri bisa membuat komunikasi semakin akrab.

13. Selingi dengan humor

Humor ataupun di sebut dengan bercanda dan biasanya sering di bawakan saat suasana sunyi di dalam suatu komunikasi agar dapat membangkit semangat dan kebahagiaan saat berkomunikasi, dengan itu suasana tidak terasa tegang. Biasanya dengan bercanda tidak dengan tujuan menyindir seseorang.

14. Hargai pendapat orang lain

Saat berkomunikasi dengan cara berkelompok ataupun berdiskusi, jika ingin menyampaikan pendapat sebaiknya hargai pendapat yang di sampaikan oleh lawan bicara terlebih dahulu agar pendapat anda dapat di hargai juga.



Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar